Home » , » SAMBUT HARI AIDS SEDUNIA; Komisi IX DPR FPKS Tinjau Layanan Kesehatan di RSPI Sulianti Saroso

SAMBUT HARI AIDS SEDUNIA; Komisi IX DPR FPKS Tinjau Layanan Kesehatan di RSPI Sulianti Saroso

Written By Ledia Hanifa on Rabu, 27 November 2013 | 10:06:00 PM


JAKARTA (RiauInfo) - Menyambut Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada 1 Desember besok, sejumlah anggota Komisi IX DPR FPKS yang terdiri dari Ledia Hanifa Amaliah, Chairul Anwar, dan Abdul Aziz Suseno melakukan sidak untuk melihat secara langsung fasilitas dan layanan kesehatan bagi penderita HIV/AIDS di RSPI Sulianti Saroso, Senin (30/11).

Ketua tim Ledia Hanifa Amaliah mengatakan sidak kali ini dimaksudkan untuk melihat sejauhmana penanganan Depkes dan jajarannya dalam memberikan layanan kesehatan bagi para penderita HIV/AIDS atau biasa yang dikenal sebagai ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS).
“Dalam salah satu program 100 hari Menkes, ada program penanganan penyakit AIDS. Kita ingin melihat sejauhmana program itu dilaksanakan”, ujar Ledia.

Ledia mengakui masalah penanganan HIV/AIDS perlu mendapat perhatian semua pihak tidak hanya Depkes karena penyakit AIDS bersifat multikompleks yang solusinya melibatkan banyak stakeholder.

“Penyakit AIDS masih dianggap sebagai penyakit ‘karma’ dan penderitanya dijauhi oleh masyarakat. Ini perlu penanganan terpadu baik dari Depkes, tokoh agama, pers dan juga masyarakat. Sehingga kedepan, para penderita HIV/AIDS juga dapat mendapat layanan kesehatan yang lebih baik”, harapnya.

Selain mengunjungi RSPI Sulianti Saroso, para anggota DPR ini juga mengunjungi LSM Sahabat Rekan Sebaya dibilangan Kalibata untuk berdialog langsung dengan pengurus dan penderita HIV/AIDS di sana.
”Dengan terjun langsung ke lapangan ini kami berharap mendapat informasi dan input data serta aspirasi yang disampaikan oleh penderita HIV/AIDS dan pihak Sahabat Rekan Sebaya terkait masalah penanganan dan layanan kesehatan bagi penderita ODHA”, tandas Ledia.
(ad)

0 komentar:

Posting Komentar