Home » , » 2012, Warga Jabar Ditarget Punya KTP Berasuransi

2012, Warga Jabar Ditarget Punya KTP Berasuransi

Written By Ledia Hanifa on Rabu, 04 Desember 2013 | 11:14:00 PM


                
INILAH.COM, Bandung - Pada 2012 mendatang, seluruh warga Jabar ditargetkan memiliki kartu tanda penduduk (KTP) berasuransi. Nantinya masyarakat tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk berobat di rumah sakit atau puskesmas yang sudah ditunjuk memberikan pelayanan.
       Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar Alma Lucyati mengatakan, saat ini Pemprov Jabar masih melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mempersiapkan kepemilikan KTP asuransi bagi warga Jabar tersebut. “Kemendagri bekerjasama dengan Pemprov akan melihat kemungkinan warga Jabar punya KTP baru dengan barkode. Sekarang masih dalam tahap persiapan. Kami terus komunikasi dan koordinasi. Targetnya pada 2012 bisa terealisasi,” kata Alma saat dihubungi INILAH.COM, Sabtu (19/3/2011).
       Menurut Alma, sebagai tahapan awal sudah ada 10 kota/kabupaten yang sudah menggunakan KTP berdasarkan nama dan alamat. Selanjutnya tahapan kedua, Pemprov menyiapkan tempat-tempat pelayanan, seperti puskesmas dan tenaga kesehatannya. “Kami juga gencar sosialisasi. Pokoknya kami punya targetkan seluruh warga Jabar harus punya KTP asuransi. Soalnya KTP itu sebagai akses mendapatkan jaminan kesehatan. Sekarang sedang dihitung berapa banyak orang yang berhak memiliki KTP. Doakan saja berhasil,” tegasnya.
       Sebelumnya, anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PKS Ledia Hanifa Amaliah meminta Pemprov segera meluncurkan KTP berasuransi. Jika hanya mengandalkan jaminan kesehatan masyarakat (jamkesmas) atau jaminan kesehatan daerah (jamkesda), menurutnya, Pemprov tidak akan mampu menjamin kesehatan masyarakat.
       Gubernur Jabar Ahmad Heryawan juga menegaskan akan mendorong percepatan program KTP berasuransi. “Kita sih setuju-setuju saja. Teknisnya ada di dinas kesehatan,” tegasnya.[den]/ http://www.inilahjabar.com/read/detail/1338972/2012-warga-jabar-ditarget-punya-ktp-berasuransi


0 komentar:

Posting Komentar