Home » , » Gepeng Meningkat di Akhir Pekan

Gepeng Meningkat di Akhir Pekan

Written By Ledia Hanifa on Selasa, 10 Desember 2013 | 7:36:00 PM


          BANDUNG, TRIBUN - Anggota DPRD Kota Bandung dari Fraksi PKS, Teddy Rusmawan, mengatakan, pertumbuhan gerombolan pengemis yang menguasai setiap persimpangan di Kota Bandung semakin mengkhawatirkan.
          Menanggapi hal tersebut, ia mengatakan harus segera dibuat peraturan awal mengenai gerombolan pengemis atau gepeng ini. Ia mengatakan bahwa rencana tersebut saat ini sedang dibahas.
          "Pertumbuhan gerombolan pengemis semakin tinggi. Apalagi setiap akhir pekan Sabtu dan Minggu. Kita sedang membahas agar segera dibuat Peraturan Awal (Perwal) mengenai gepeng," katanya di Jalan Surapati, saat mendamping reses anggota DPR RI Ledia Hanifa, Kamis (19/4).
          Dari keterangan yang berhasil ia himpun, keluhan tidak hanya datang dari kalangan warga Kota Bandung. Akan tetapi keluhan juga banyak dilontarkan oleh pendatang dari luar kota yang ingin menghabiskan akhir pekannya di Kota Bandung.
         "Saya sudah menerima keluhan dari pendatang mengenai gepeng ini, jadi tidak hanya dari warga Kota Bandung saja," katanya.
          Menurutnya saat ini pemerintah Kota Bandung sedang memantau lima titik yang sering dijadikan sebagai tempat nongkrong bagi gerombolan pengemis. "Tapi katanya dana belum cair sehingga pemantauan mungkin agak tertunda," ujarnya.
          Menurutnya peran serta masyarakat Kota Bandung juga dituntut kerjasamanya dalam menertibkan gepeng yang selalu hadir setiap akhir pekan. Pendekatan persuasif juga dilakukan oleh pemerintah Kota Bandung dalam hal ini Dinas Sosial. Identifikasi permasalahan misalnya.
           Ia mengatakan bahwa pendataan latar belakang alasan kenapa ia menjadi gerombolan pengemis harus dilakukan dalam melakukan pembinaan.
          "Bagi petugas Dinas Sosial yang bertugas di hari libur, kita usulkan agar ada insentif. Hal ini untuk mendukung penertiban," katanya.
          Seperti diketahui bahwa gerombolan pengemis di Kota Bandung bisa terlihat marak hari biasa dan meningkat di akhir pekan. Persimpangan jalan menjadi tempat bagi mereka untuk nongkrong. (fam)/ http://jabar.tribunnews.com/2012/04/19/gepeng-meningkat-di-akhir-pekan


0 komentar:

Posting Komentar