Home » , , , » Tangani Bencana, Rp900 Miliar Siap Digelontorkan

Tangani Bencana, Rp900 Miliar Siap Digelontorkan

Written By Ledia Hanifa on Kamis, 05 Februari 2015 | 1:08:00 AM

INILAHCOM, Bandung - Pemerintah pusat berencana menggelontorkan dana Rp900 miliar khusus untuk penanggulangan bencana pada 2015 mendatang.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ledia Hanifa Amaliah mengaku, pihaknya sudah memutuskan agar dana 'on call' tersebut bisa keluar pada Januari.



"Dana bencana alam untuk tahun 2015 itu sudah dibahas dan diputuskan sebelumnya oleh anggota DPR RI periode sebelumnya," tutur Ledia, usai menghadiri kegiatan Wayang Dakwah dan Media Gathering, dalam rangka peresmian kantor Komunikasi dan Informasi Ledia Hanifa Amaliah, di Kota Bandung, Selasa (23/12/2014).

Dia mengatakan, keputusan tersebut merupakan antisipadi DPR dan eksekutif yang selalu kesulitan mengucurkan dana penanggulangan bencana alam pada awal tahun, karena terbentur aturan birokrasi.

"Kita sudah sepakat kalau ada kejadian (bencana alam) di awal atau akhir tahun bisa dikeluarkan tanpa disetujui DPR," kata dia.

Dia menilai Pemerintah sudah tepat melakukan langkah antisipasi dengan menggelpntorkan dana sebesar Rp900 miliar. Terlebih pada akhir dan awal tahun ini merupakan bulan bencana yang semua pihak tekait harus siap menanggulanginya.

"Kita prediksi Januari-Februari bulan bencana, tapi kita tidak ingin harapkan, tapi ini menjadi kesiapan kita," tutur dia.

Dia berharap pemerintah daerah juga mendukung pelaksanaan penanggulangan bencana baik dari SDM ataupun anggaran.

"Kesiapannya adalah membentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar penyaluran dana tanggap bencana alam dapat cepat diberikan. Pasalnya bantuan itu bisa diberikan kalau ada BPBD, atau ada penanggung jawabnya siapa, baru bisa dikucurkan," tutup dia. [gus]

0 comments:

Posting Komentar