Home » , , , » DIY Terima Kunjungan Spesifik Komisi VIII DPR. RI

DIY Terima Kunjungan Spesifik Komisi VIII DPR. RI

Written By Ledia Hanifa on Senin, 02 November 2015 | 12:52:00 AM

YOGYAKARTA (21/05/2015) portal.jogjaprov.go.id -  Komisi VIII DPR RI melakukan kunjungan spesifik masalah penganan kebencanaan di dua kawasan pasca bencana DIY yaitu Desa Tanggap Bencana Cangkringan, Sleman dan Desa Tangap Bencana Parangtritis, Kretek, Bantul. Rombongan dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII Hj. Ledia Hanifa Amalia diterima oleh Sekretris Daerah DIY Drs. Ichsanuri mewakili Gubernur DIY.

Di sela jamuan makan siang di Balai Kenyo, Kepatihan Yogyakarta sebelum melanjutkan kunjungannya ke Bantul Hanifa mengatakan bahwa, masalah kebencanaan di DIY tidak sederhana, relatif banyak masalah. Hasil pengamatan di Sleman Hanifa menilai positif dan masyarakat segera bangkit berbenah. Bahkan masyarakat telah kreatif mengembangkan Vulcano Tour bagi wisatawan, yakni wisata untuk melihat langsung kondisi alam pasca bencana erupsi Merapi dengan mobil SUV.

Pemda setempat juga telah seringkali melakukan sosialisasi dan telah pula membangun jalan evakuasi yang cukup memadai. Namun demikian Hanifa tetap menekankan adanya kewaspadaan dini pada umumnya, dan khususnya Vulcano Tour dimana wisatawan sangat banyak. Hal ini perlu masyarakat sering melakukan latihan simulasi, karena kita sering lupa harus melakukan apa ketika bencana yang tidak kita inginkan terjadi. Hanifa mengisyarakatkan perlunya tambahan lainnya yang akan didukung Pemerintah “semua ini akan dijadikan evaluasi dan pembahasan pendahuluan RAPBN 2016 bersama BNPB dan Kementrian Sosial” ungkapnya.

Ditambahkan pula oleh Anggota DPR RI Komisi VIII. M. Hasbi Assidiqi bahwa, apa yang dilakukan di DIY sudah baik dan masyarakat dinilai hebat, segera bangkit. Pengalaman di DIY  akan ditularkan di tempat lain, supaya bisa menjadi contoh jika terjadi bencana seperti yang pernah di alami oleh masyarakat Yogyakarta.

Hadir mendampingi Sekda DIY dalam acara ini Kepala BPBD DIY, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PU ESDM, DPPKA, Bappeda, serta para undangan dari SKPD lingkungan DIY.

http://jogjaprov.go.id/pemerintahan/kalender-kegiatan/view/diy-terima-kunjungan-spesifik-komisi-viii-dpr-ri

0 komentar:

Posting Komentar