Home » , , , » Legislator: Kasus Penelantaran Anak Harus Dicermati

Legislator: Kasus Penelantaran Anak Harus Dicermati

Written By Ledia Hanifa on Senin, 02 November 2015 | 12:44:00 AM

WE Online, Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ledia Hanifa Amaliah menduga kasus penelantaran anak kepada orang tua bukan hanya satu kasus yang terjadi di Cibubur tetapi ada kasus serupa lainnya.

"Ini persoalan besar. Perlu dicermati karena mungkin saja ada kejadian lain serupa," kata Ledia Hanifa Amaliah dihubungi di Jakarta, Senin (18/5/2015).

Politisi Partai Keadilan Sosial (PKS) itu mengapresiasi langkah yang dilakukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang menangani kasus tersebut. Apalagi, KPAI juga mendampingi anak-anak korban penelantaran tersebut. "Tugas KPAI yang diatur dalam Undang-Undang Perlindungan Anak tidak detail, karena bukan teknis melainkan implementasi. Namun, inisiatif yang dilakukan KPAI bisa memberikan efek jera," tuturnya.

Ledia menyayangkan ada orang tua yang tega menelantarkan anaknya. Menurut dia, anak adalah titipan dari Tuhan yang menjadi tanggung jawab orang tua untuk merawat dan membesarkan. "Itu adalah tujuan pernikahan. Pernikahan itu bukan hanya soal menikahkan dua orang laki-laki dan perempuan tetapi juga ada konsekuensi untuk mendidik anak," katanya.

Apalagi, di Indonesia sudah ada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Dengan adanya undang-undang tersebut, maka seluruh anak Indonesia adalah anak-anak yang mesti dilindungi. "Meskipun itu anak tetangga kita, tetap harus kita beri perhatian. Seluruh anak Indonesia adalah anak-anak kita," ujarnya.

Karena itu, Ledia berharap kasus penelantaran anak tidak terulang kembali. Dia mendesak ada program bimbingan pengasuhan anak yang diatur sebagai peraturan perundangan yang menjadi turunan dari Undang-Undang Perlindungan Anak.

"Mungkin bisa diatur ada pekerja sosial yang bisa menjadi konsultan untuk pasangan-pasangan yang akan menikah," pungkasnya. (Ant)

Editor: Achmad Fauzi
Foto: Sufri Yuliardi
http://wartaekonomi.co.id/read/2015/05/18/57550/legislator-kasus-penelantaran-anak-harus-dicermati.html

0 komentar:

Posting Komentar