Home » , , , » Keprihatinan Ledia Hanifa terhadap Para Guru Honorer

Keprihatinan Ledia Hanifa terhadap Para Guru Honorer

Written By Ledia Hanifa on Senin, 05 Februari 2018 | 10:58:00 PM

Jakarta, Kabar3.com - Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa menyarankan, sebaiknya Kementerian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dalam hal pengangkatan guru Pegawai Negri Sipil (PNS) hendaknya mengutamakan honorer.
Hingga kini diketahui, banyak diantara mereka yang mengabdi hingga 10 tahun masih menjadi guru honorer yang hanya mendapat gaji 200 sampai 300 Ribu perbulan.

"Iya, karena mereka sudah mengajar cukup lama dan sudah pengalaman. Ada yang sudah 10 tahun jadi honorer, kan kasihan," ujarnya saat ditemui oleh Kabar3.com di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (5/2/2018).

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa persoalan pengangkatan guru PNS memang sesuatu yang sangat rumit. Karena, hingga kini Pemerintah masih memberlakukan penundaan (moratorium) PNS.

Dalam hal ini, jika ada 40 Ribu guru PNS yang akan pensiun, maka Pemerintah harus mengangkat guru honorer menjadi PNS dengan jumlah yang sama.  
Sebelumnya, Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad mengatakan, tahun ini ada sekitar 40 Ribu guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan masuk usia pensiun. Menurutnya, angka ini merupakan angka rata-rata yang terjadi setiap tahunnya.

"Kemen PAN-RB dan Kemendikbud selama ini kan masih ada moratorium pengangkatan PNS dan pertahun yang pensiun rata-rata 40 Ribu guru PNS. Mungkin yang dimaksud DPR adalah jumlah kumulatif guru PNS yang pensiun sejak tahun 2005 sampai dengan sekarang," tutupnya. (HRN)
http://kabar3.com/detail/5736/keprihatinan-ledia-hanifa-terhadap-para-guru-honorer/2

0 komentar:

Posting Komentar