Home » , , , , , , » Ledia Hanifa: Moratorium Program Studi Jangan Dipukul Rata

Ledia Hanifa: Moratorium Program Studi Jangan Dipukul Rata

Written By Ledia Hanifa on Senin, 02 Oktober 2017 | 1:04:00 AM

Jurnalbandung.com –  Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah mengingatkan pemerintah untuk tidak memukul rata moratorium program studi.
Seperti diketahui, Surat Edaran Menristekdikti Nomor 2/M/SE/IX/2016 tentang Pendirian Perguruan Tinggi Baru dan Pembukaan Program Studi yang isinya terkait moratorium program studi, mulai diberlakukan Januari 2017 lalu.
Sebab, kata Ledia, di beberapa daerah bahkan diperlukan afirmasi pembukaan program studi baru, seperti di Papua.
“Di sana kondisi kesehatan sebagian masyarakatnya cukup buruk, butuh banyak tenaga kesehatan untuk mendampingi masyarakat dalam melakukan upaya preventif kesehatan, sehingga membuka program studi yang berpeluang menambah tenaga kesehatan justru perlu di-support,” papar Ledia dalam pers rilisnya yang diterima jurnalbandung.com, baru-baru ini.
Anggota legislatif dari PKS ini menjelaskan, di Papua, pemerintah kabupatennya harus mengirimkan siswa calon perawat ke daerah lain yang memiliki program studi keperawatan.
“Paling banyak per tahun hanya 5 orang yang dikirim, itupun setelah lulus banyak yang tidak kembali ke daerahnya,” ungkapnya.
Oleh karenanya, berkaca pada kasus di Papua, Ledia mengusulkan agar moratorium program studi dibagi berdasarkan wilayah, seperti Papua yang tetap diizinkan membuka program studi baru di bidang kesehatan agar semakin banyak putra daerah yang bisa dididik.
Diharapkan, dengan jarak yang lebih dekat, jumlah peserta didik dapat ditingkatkan. Dengan demikian, mereka juga diharapkan dapat membantu percepatan program promotiv preventif dalam bidang kesehatan yang tengah digencarkan pemerintah.
“Afirmasi seperti ini dapat menghasilkan dua berkah sekaligus, peningkatan kepesertaan masyarakat di bidang pendidikan tinggi dan ketersediaan tenaga kesehatan yang diperlukan di tengah masyarakat,” pungkasnya.
http://www.jurnalbandung.com/ledia-hanifa-moratorium-program-studi-jangan-dipukul-rata/

0 comments:

Posting Komentar