Home » , , » Sudah 30 Tahun Dewan Kesenian Tanah Papua tak Dikunjungi

Sudah 30 Tahun Dewan Kesenian Tanah Papua tak Dikunjungi

Written By Ledia Hanifa on Selasa, 03 Oktober 2017 | 11:49:00 PM

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Dewan Keseniaan Tanah Papua (DKTP) mengapresiasi kunjungan Komisi X DPR RI ke DKTP. Pasalnya sudah hampir 30 tahun, DKTP tidak pernah dikunjungi oleh DPR RI maupun DPRD Papua.

Ketua DKTP, Mambraku Nomensen, mengatakan DKTP hadir dan berdiri sebagai lembaga perpanjangan tangan pemerintah daerah Provinsi Papua dan juga sebagai harkat dan identitas rakyat Papua. Baru kali, DKTP didatangi DPR RI

Anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah, merasa kaget karena DKTP tidak pernah dikunjungi. Namun Ledia juga menyampaikan bahwa hal itu juga terjadi pada daerah lain selain Papua.

"Kami berharap dengan UU Nomor Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan lebih sensitif, lebih siap untuk mengembangkan potensi budaya yang ada di masyarakat," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Selasa (8/8).

Ledia mengatakan, kegiatan-kegiatan DKTP merupakan salah satu upaya pemajuan kebudayaan yang perlu didukung. DKTP merupakan bagian dari identitas masyarakat Papua yang harus didukung.

Politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga menilai bahwa diplomasi Indonesia seharusnya sudah mulai bergerak pada diplomasi harus diantaranya dengan kebudayaan. Ledia menyebut, kegiatan-kegiatan yang dilakukan DKTP dilakukan di daerah perbatasan dan internasional. "Artinya, peluang untuk soft diplomacy menjadi penting melalui kebudayaan dan sudah seharusnya pemerintah memperhatikan ini," ujarnya.
http://www.republika.co.id/berita/dpr-ri/berita-dpr-ri/17/08/08/oudbii425-sudah-30-tahun-dewan-kesenian-tanah-papua-tak-dikunjungi

0 comments:

Posting Komentar