Home » , , , , » Papua Barat Punya Banyak Potensi Wisata

Papua Barat Punya Banyak Potensi Wisata

Written By Ledia Hanifa on Minggu, 20 Mei 2018 | 11:22:00 PM

Pemerintah Provinsi Papua Barat diminta menentukan potensi pariwisata unggulan  selain Raja Ampat. Karena Papua Barat memiliki banyak destinasi wisata lain, yang juga tidak kalah indah dengan Raja Ampat. Seperti Taman Wisata Alam Gunung Meja Manokwari, Taman Nasional Teluk Cenderawasih Teluk Wondama, serta Wisata Kuliner di Tembok Berlin Sorong.
 Anggota Komisi X DPR RI Ledia Hanifa Amaliah menyampaikan, penentuan destinasi wisata selain Raja Ampat, perlu dilakukan pemprov sebagai bagian dana APBD Otonomi Khusus (Otsus) untuk Papua Barat.
 “Pemprov Papua Barat harus duduk bersama dengan sejumlah stakeholder, menetapkan destinasi mana yang diprioritaskan selain Raja Ampat. Karena ini menjadi bagian yang menentukan dana APBD Otsus Papua akan diarahkan ke mana,” papar Ledia saat Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Manokwari, Papua Barat, Senin (30/4/2018).
 Dana Otsus tersebut nantinya akan berdampak pada pengintegrasian infrastrukur pariwisata pada destinasi yang dimaksud. “Karena untuk satu destinasi harus terintegrasi dengan infrastrukturnya, kemudian perilaku penduduk setempatnya. Terus bagaimana pengembangan wisatanya,” jelas Ledia.
 Komisi X DPR RI memandang potensi pariwisata daerah perlu diberikan dorongan, karena sektor wisata mampu memperkuat pendapatan daerah, bahkan ikut menyumbang PDB nasional yang oleh Kementerian Pariwisata ditargetkan sebesar 7,5 persen dari devisa nasional sebesar Rp28 triliun.
 Data dari World Economic Forum, jumlah wisatawan dunia tahun pada 2016 mencapai 1,2 miliar wisatawan. Jumlah ini 46 juta lebih banyak dibandingkan tahun 2015, dan jumlah wisatawan dunia ini diperkirakan akan terus meningkat dalam dekade mendatang. Diperkirakan pada tahun 2030, akan ada 1,8 miliar wisatawan dunia, dan ini merupakan tantangan bagi pemerintah untuk mendatangkan wisatawan ke Indonesia. (eko/sf)
http://www.dpr.go.id/berita/detail/id/20620/t/javascript;

0 komentar:

Posting Komentar