Home » , , » Ledia Hanifa Berharap Industri Kreatif Indonesia Lebih Gemilang

Ledia Hanifa Berharap Industri Kreatif Indonesia Lebih Gemilang

Written By Ledia Hanifa on Rabu, 22 Januari 2020 | 11:09:00 PM

Jakarta (25/10) -- Menyambut kehadiran Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai bagian dari Kabinet Presiden Jokowi, anggota Komisi X DPR RI, Ledia Hanifa berharap bidang Industri Ekonomi Kreatif di negri ini semakin berkembang.

"Industri Ekonomi Kreatif di negeri ini sedang berkembang pesat, Undang-undang yang memayunginya pun baru menetas pada akhir September lalu. Maka saya berharap di bawah payung Undang-undang tentang Ekonomi Kreatif ini Pak Menteri Wishnutama bisa membawa industri ekonomi kreatif Indonesia menjadi lebih gemilang di masa datang,” ungkap Ledia, Jum'at (25/10/2019) di Jakarta.

Sekretaris Fraksi PKS DPR RI ini mengatakan, harapan ini tentunya tidak berlebihan, mengingat Industri Ekonomi Kreatif memang tengah menjadi primadona baru dalam geliat industri di tanah air. Tercatat Produk Domestik Bruto (PDB) ekonomi yang muncul dari ide maupun gagasan kreatif telah mencapai angka Rp 1.009 triliun pada 2017, meningkat dari tahun 2016 yang “hanya” Rp 922,59 triliun dan tahun 2015 yang “hanya” 852,54 Triliun.

"Hingga akhir 2018, kontribusi ekonomi kreatif terhadap PDB nasional diperkirakan mencapai Rp 1.105 triliun dan kembali meningkat menjadi Rp 1.211 triliun pada 2019. Begitu pula jumlah tenaga kerja yang terlibat dalam ekonomi kreatif pada 2016 tercatat meliputi 16,91 juta pekerja lalu meningkat menjadi 17,43 juta pekerja di tahun 2017," kata Aleg Perempuan PKS ini.

Ledia juga mengingatkan, agar pemerintah optimal menyelesaikan beberapa permasalahan yang ada di sektor industri kreatif tersebut.

"Persoalan yang ada selama ini di sektor industri kreatif adalah belum tampaknya pengayoman dan perlindungan yang maksimal kepada para produsen, pencipta serta karya ekonomi kreatif terutama dari sisi hukum. Misalnya saja, salah satu persoalan yang sering dikeluhkan oleh para pelaku industri ekonomi kreatif adalah ketiadaan penghargaan dan perlindungan atas hak cipta karya mereka," katanya.

Begitu pula, lanjut Ledia, peran dan tanggungjawab pemerintah serta pemerintah daerah selama ini belum terjabarkan secara definitif saat ekonomi kreatif masih ditangani satu badan negara.

"Industri ekonomi kreatif bermunculan dari berbagai pelosok negeri, sementara saat itu Badan Ekonomi Kreatif hanya berwenang melakukan perumusan kebijakan di level pusat dan tidak memiliki kewenangan untuk menata dan mengelola perkembangan ekonomi kreatif secara lebih teknis," tambahnya.

Untuk mengimplementasikan mimpi besar tersebut, Aleg DPR RI Dapil Jawa Barat 1 ini mengingatkan kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif agar dengan segera menghadirkan peraturan turunan yang menjadi amanah Undang-undang ini sekaligus menyiapkan kebijakan program dan anggaran yang memadai.

"Karenanya kehadiran Undang-undang ini diharapkan dapat memutus rantai masalah dan menghadirkan ekosistem ekonomi kreatif yang dapat menjaga, memelihara sekaligus memajukan produk ekonomi kreatif Indonesia agar bersinar mulai dari negeri sendiri hingga ke mancanegara. Sebab, tanpa adanya peraturan turunan yang menjadi amanah Undang-undang serta menyiapkan kebijakan program dan anggaran yang memadai untuk menata, menggerakkan, dan memajukan ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia, kehadiran Undang-undang Ekonomi Kreatif tidak bisa diimplementasikan secara maksimal dan hanya menjadi hiasan regulasi," tutupnya.



http://pks.id/content/ledia-hanifa-berharap-industri-kreatif-indonesia-lebih-gemilang

2 comments:

jx44np6klt mengatakan...

We use a variety of|quite so much of|a wide range of} totally different metals and supplies, specialising in aluminium, gentle and stainless steel. We collaborate with local painters and powder-coaters to ensure that|to make certain that} each FE Fabrication product is finished to the highest attainable standard. With superior companies, our premiere loyalty program and cutting-edge know-how options, we offer you what Fingerprint Door Lock you need in order to to} set your business apart from others.

yu26vkfiqr mengatakan...

For intricate geometries, sharp corners, unparalleled wear resistance, glorious slicing speeds and machinability, copper tungsten is the material of selection. GD&T tolerances HP Stylus Pens provide manufacturing guidance that must steadiness want to|the necessity to} make a component functional with want to|the necessity to} produce the half cost-effectively. While automation plays a growing role in precision machining, lights out operation continues to be more a fantasy than a actuality for many small half manufacturing. Learn concerning the 5 major challenges to think about|to contemplate} when selecting CNC machining companies and a partner for the manufacture of complicated and exact small elements.

Posting Komentar