Home » , , » Hari Kartini Harus Jadi Momentum Meningkatkan Partisipasi Perempuan di Bidang Politik

Hari Kartini Harus Jadi Momentum Meningkatkan Partisipasi Perempuan di Bidang Politik

Written By Ledia Hanifa on Minggu, 20 Mei 2018 | 11:16:00 PM

MOMEN peringatan hari Kartini memiliki arti tersendiri bagi Wakil Ketua Komisi 8 DPR RI, Ledia Hanifah Amaliah. Menurutnya hari Kartini harus dijadikan momentum untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam bidang politik.

"Bukan cuma jadi anggota dewan, tapi partisipasi dalam pembentukan kebijakan publik. Misalkan pemerintah mengeluarkan kebijakan, perempuan harus mengkritisi. Ini yang harus dibiasakan dan harus dilatih karena setiap kebijakan politik akan berpengaruh pada kehidupan dapur para ibu," terang Ledia saat on air di PRFM, Sabtu (21/4/2018).

Ia menambahkan, 30 persen kursi perempuan di parlemen masih belum tercapai. Keterwakilan perempuan baru terpenuhi dalam pencalonannya saja.

"Ini jadi perhatian kami, karena perempuan di parlemen akan mewakili para perempuan di Indonesia," terangnya.

Dijelaskan Ledia, perempuan memiliki banyak keunggulan jika terjun ke dunia politik praktis. Pertama, perempuan lebih mudah berjejaring, dan kedua politik yang dijalankannya lebih ramah.

"Untuk itu kualitas perempuan dalam hal pendidikan harus juga ditingkatkan. Agar mereka bisa masuk ke parlemen dan mewakili kaum perempuan yang lainnya," pungkas Ledia.
Editor: H. Dicky Aditya
http://www.galamedianews.com/bandung-raya/185715/hari-kartini-harus-jadi-momentum-meningkatkan-partisipasi-perempuan-di-bidang-politik.html

0 komentar:

Posting Komentar